ios
android

RAHASIA MEMANFAATKAN TABUNGAN UNTUK MENURUNKAN BUNGA KPR

download
Image Detail

Memiliki sebuah rumah merupakan impian semua orang. Setiap orang yang memiliki penghasilan pasti
ingin memiliki rumah dan rajin menabung sejak dini demi mewujudkan impian tersebut.

Rumah juga merupakan sebuah instrumen investasi yang menjanjikan. Kenaikan harga rumah dan jenis properti lainnya hampir dipastikan terjadi setiap tahunnya. Hal ini jelas memberikan peningkatan nilai investasi yang lebih pasti dan lebih tinggi dibandingkan instrumen investasi lainnya.

Di sisi lain, cepatnya kenaikan harga rumah dan properti sejenis lainnya menyebabkan masyarakat sulit membeli rumah secara tunai. Bahkan hal ini juga dirasakan oleh mereka yang memiliki penghasilan relatif besar. Oleh karena itu, banyak dari masyarakat memilih untuk menggunakan fasilitas KPR yang disediakan oleh berbagai institusi perbankan untuk membeli rumah idaman.

Fasilitas KPR yang tersedia saat ini sangat beragam, di mana masyarakat harus jeli dan bijak dalam memilih KPR apa yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik keuangan mereka. Khususnya bagi mereka yang disiplin menabung, sering kali dihadapkan dengan kondisi dimana mereka memiliki dana mengendap yang cukup banyak
di tabungan, dan di sisi lain mereka juga memiliki hutang KPR. Keadaan ini menciptakan dilema tersendiri, karena dana tabungan yang mengendap di bank biasanya hanya mendapatkan bunga tabungan yang relatif rendah, padahal pada saat yang sama, mereka harus membayar bunga yang cukup tinggi untuk KPR mereka.

Ada cara mudah untuk mengurangi beban bunga KPR dalam situasi di atas, yaitu gunakan saja dana berlebih yang mengendap di tabungan untuk melunasi pokok pinjaman KPR. Namun sayang sekali cara ini lebih banyak ruginya daripada untungnya. Pertama, bank biasanya mengenakan penalti atas pelunasan KPR yang lebih cepat daripada jadwal yang telah disepakati antara bank dan nasabah pada saat awal kredit. Kerugian kedua adalah dana tabungan yang telah digunakan untuk melunasi KPR tidak dapat ditarik kembali kalau ada kebutuhan dadakan di kemudian hari.

KPR ANZ BEBAS ATUR BUNGA

Setelah kurang lebih tiga dekade KPR aktif ditawarkan perbankan, akhirnya di Indonesia hadir juga KPR yang sanggup mengurangi beban bunga KPR dengan menggunakan dana tabungan, tanpa perlu khawatir akan terkena penalti atau dana tabungan akan tergerus.

Adalah Bank ANZ Indonesia yang pertama kali membawa produk KPR dengan kemampuan di atas untuk konsumen KPR di Indonesia. KPR yang dinamakan KPR ANZ Bebas Atur Bunga ini memungkinkan nasabah fleksibel dalam mengatur bunga KPR-nya, dengan menggunakan dana yang mengendap dalam tabungan yang dimiliki. KPR ini merupakan jawaban atas dilema yang dirasakan oleh mereka yang memiliki dana di tabungan dan pada saat yang sama memiliki KPR yang beban bunganya cukup tinggi.

Bagaimana KPR ANZ Bebas Atur Bunga bisa mengurangi bunga KPR? Caranya sangat sederhana. Mari kita gunakan contoh berikut. Ibu Anita yang disiplin dalam menabung memiliki saldo tabungan sejumlah Rp 200 juta pada tanggal 30 Maret. Di samping itu, ia juga memiliki sisa pinjaman KPR sejumlah Rp 500 juta pada tanggal yang sama. Untuk menghemat bunga KPR, Ibu Anita pada mulanya bermaksud menggunakan seluruh tabungannya untuk melunasi sebagian KPR-nya, sehingga sisa pinjaman KPR-nya berkurang dan beban bunga yang
ditanggung juga lebih sedikit. Namun di sisi lain, Ibu Anita merasa ragu karena dana tersebut yang selama ini dia tabung merupakan dana cadangan untuk keperluan emergency.

Ibu Anita ternyata cerdas dan bijak, karena pada akhirnya dia memilih KPR ANZ Bebas Atur Bunga. Dengan program KPR ini, bunga KPR Ibu Anita akan dihitung setelah hutang KPR-nya yang berjumlah Rp 500 juta dikurangi saldo tabungannya yang Rp 200 juta. Dengan demikian, Ibu Anita hanya perlu membayar bunga KPR atas Rp 300 juta. Tanpa KPR ANZ Bebas Atur Bunga, dengan KPR biasa yang ditawarkan bank pada umumnya, Ibu Anita harus membayar bunga atas KPR senilai Rp 500 juta. Uniknya lagi, penghematan bunga ini didapat Ibu Anita sambil tetap mempertahankan saldo tabungannya sehingga tetap dapat digunakannya untuk keperluan mendadak di kemudian hari.

KPR ANZ Bebas Atur Bunga juga memungkinkan Ibu Anita untuk menyelesaikan kewajibannya lebih cepat dari tenor yang seharusnya. Hal ini terjadi, karena penghematan bunga yang didapat digunakan untuk memperbesar porsi cicilan pokok KPR, sehingga pokok pinjaman KPR berkurang lebih cepat. Misalnya, di awal disepakati tenor pinjaman KPR 20 tahun. Dengan KPR ANZ Bebas Atur Bunga, pinjaman tersebut dapat saja dilunasi dalam waktu lebih pendek dari 20 tahun.

Di samping itu, seperti program KPR ANZ lainnya, KPR ANZ Bebas Atur Bunga juga memiliki keunggulan unik yaitu menggunakan suku bunga transparan. Bank ANZ Indonesia telah diakui oleh Rekor Bisnis Indonesia (REBI) sebagai bank pelopor dalam menerapkan transparansi perhitungan bunga KPR di Indonesia. Untuk memastikan transparansi ini, sejak awal diluncurkan, KPR ANZ menggunakan suku bunga acuan JIBOR (Jakarta Interbank Offering Rate) di dalam menentukan bunga KPR pada saat memasuki masa bunga mengambang (floating rate period). Informasi JIBOR tersedia secara transparan untuk publik di website Bank Indonesia.

Bagi Anda yang memiliki dana mengendap di tabungan, KPR ANZ Bebas Atur Bunga merupakan KPR yang paling tepat untuk Anda untuk mengurangi biaya bunga KPR.